JagadRochain

Rahasia SEO Terbesar Terletak Pada User Experience

Rahasia SEO Terbesar Terletak Pada User Experience

by BangMatro , at 4/14/2016 05:45:00 am , have 1 comment
Rahasia SEO Terbesar Terletak Pada User Experience
Rahasia SEO Terbesar Terletak Pada User Experience-Berbicara tentang cara SEO website /blog serasa tak pernah ada henti-hentinya, dari waktu kewaktu perkembangan SEO semakin berkembang dan terkesan tidak monoton. Robot perayap semakin hari semakin pintar dalam menganalisa suatu blog/Website untuk pantas tidaknya menempati top ten pada SERP (search engine result page). Beragam pendapat antara blogger satu dan lainya akan arti pentingnya Optimasi seo pada blog menjadikan topik yang sangat mengasikan untuk dibahas. Tak sedikit dari mereka mengabaikan SEO untuk kelangsungan blog yang di kelola, namun banyak juga yang menganggap bahwa SEO itu perlu dan penting untuk perkembangan dan kemajuan blog.

Tidak sedikit diluar sana para blogger atau pemilik situs web mengeluarkan biaya yang besar  hanya untuk mendapatkan dan mempertahankan posisi terbaik di SERP

Bagi saya pribadi, menjaring pengunjung melalui Search Engine merupakan suatu opsi tertarget, tolok ukur keberhasilan penerapan SEO terletak pada lalulintas kunjungan organik yang bersumber dari search engine dan seberapa tangguhnya artikel exsis bertahan pada posisi terbaik SERP. Di ketahui bersama Search Engine seperti Google misalnya merupakan salah satu penyumbang terbesar atas lalulintas kunjungan dalam blog jika SEO benar-benar di terapkan dan mendapatkan perhatian khusus oleh pengelola blog.
Boleh saja anda mengabaikan SEO!  Tapi apakah anda tidak menyayangkan dan akan mengesampingkan begitu saja calon pengunjung yang akan datang dari mesin pencari (itu semua adalah pilihan anda sekalian). 
Silahkan amati Gambar Diagram berikut.
Rahasia SEO Terbesar Terletak Pada User Experience

Dari contoh diatas dapat dilihat bahwa dalam beberapa kurun waktu blog ini dapat ditemukan dan mendapatkan kunjungan lebih banyak dari Organic Search dibanding dengan sumber lainya.

  • 61 % dari Organic Search : Kunjungan yang berasal dari mesin pencari
  • 24.5 % dari Direct : Dimana pengunjung mengegunjungi blog dengan mengetikan langsung nama domain melalui web browsernya
  • dan sisanya bisa anda lihat sendiri


Dengan di temukanya blog/website anda di search engine tentunya blog akan memiliki nilai plus di mata mesin pencari. Lebih-lebih jika blog akan di monetisasi atau dengan kata lain akan di siapkan sebagai sumber pencari penghasilan lewat blog melalui program periklanan Google Adsense, uniq visitor mempunyai andil yang cukup diperhitungkan ketika blog akan di daftarkan sebagai penayang GA yang akan berimbas pada  diterima atau tidaknya pendaftaran sebagai penayang google adsense.

Artikel terkait : Agar cepat diterima google adsense

Sedikit kutipan dari email yang saya terima dari google adsense saat blog ini di tolak sebagai penayang GA.  
Situs tidak sesuai dengan kebijakan Google: Saat ini kami tidak dapat menyetujui permohonan AdSense Anda karena situs Anda tidak sesuai dengan kebijakan program Google AdSense atau mematuhi pedoman Mutu Webmaster. Sasaran kami adalah memberikan pengiklan kami situs yang menawarkan konten bermakna dan kaya, menerima lalu lintas organik, dan memungkinkan kami menayangkan iklan yang ditargetkan dengan baik kepada pengguna. Kami meyakini bahwa saat ini situs Anda tidak memenuhi kriteria ini.

Dari kutipan di atas yang saya block dngan warna merah, di situ tertulis salah satu alasan penolakan saat pendaftaran GA adalah kurang  menerima lalu lintas organik dalam artian sumber kunjungan dari search engine tidak sesuai dengan aturan dari Google adsense.

Sedikit pembuka pada Bahasan  Rahasia SEO Terbesar Terletak Pada User Experience mungkin akan sedikit memotifasi kita dalam memahami SEO.

Ok Baek....!!

Banyak faktor penentu keberhasilan SEO blog, namun hal yang paling pokok menurut saya adalah terletak pada pengalaman pengguna atau User Experience(UX) dimana kepuasan pengguna lah yang menjadi sasaran google. Yakin saja bahwa robot google mengetahui tindak tanduk yang dillakukan para pengguna blog saat mengakses blog.

Sebagai Gambaran untuk mempermudah pemahaman pada artikel ini, bayangkan saja posisi saat ini anda sedang membutuhkan informasi yang sangat penting, dan yang anda lakukan mencari informasi tersebut melalui search engine google.

Sebagai contoh kata Kunci yang anda ketikan pada mesin pencari google adalah  " Agar Artikel Tampil Pada halaman Pertama Google ", setelah anda mengeksekusi kata kunci pencarian tersebut dalam beberapa saat kemudian google akan menyajikan berbagai informasi dari situs-situs website ataupun blog yang menyajikan konten sesuai dengan artikel yang di cari .

Contoh, setelah halaman pencarian terbuka.

Rahasia SEO Terbesar Terletak Pada User Experience


Ketika pertama kali anda melihat hasi result dari pada pencarian tersebut saya yaqin anda belum merasakan ada kepuasan sama sekali, dan saya berkeyaqinan tinggi anda tidak akan serta merta melakukan klik tautan blog mana yang akan anda kunjungi. Nah di sinilah kita akan mulai bermain dengan namanya UX (User experience) kepuasan pengalaman pengguna.

Rahasia SEO Terbesar Terletak Pada User Experience

1. FASE PERTAMA

Kesan pertama pada judul artikel.  


Berikan kesan pertama yang wow ... !!! pada saat mesin pencari menampilkan atau menyajikan hasil pencarian pengguna.

Caranya bagaimana?

Ada beberapa kemungkinan yang akan di lakukan oleh calon pengunjung ketika melihat halaman pertama hasil pencarian.

  • Terkesan pada salah satu Title/Judul artikel. (Kemungkinan pengunjung akan membuka atau mengunjungi salah satu artikel yang membuat dia Wow untuk segera membukanya)
  • Terkesan pada beberapa Title/Judul artikel.  (Kemungkinan pengunjung akan membuka atau mengunjungi beberapa artikel yang di sajikan mesin pencari dengan membuka beberapa tab di browsernya)
  • Sama sekali tidak ada judul artikel yang membuat terkesan terhadap hasil penelusuranya. (Kemungkinan besar calon pengunjung akan melanjutkan pencarian untuk mendapatkan hasil pencarian yang di harapkan)

Nah dari beberapa kemungkinan diatas upayakan judul artikel blog kita bisa memberikan kesan pertama yang Wow..!!! dan mengesankan agar calon pengunjung tertarik untuk melakukan klik terhadap Tautan yang menuju artikel kita. Dengan kata lain untuk lolos pada Fase ini mau tidak mau anda harus mmpu menghipnotis calon pengunjung dengan Judul artikel yang menarik perhatian calon pengunjung, silahkan anda bisa baca artikel yang membahas tentang judul artikel pada blog ini. Atau mencari referensi tambahan bagaimana cara membuat judul yang baik untuk SEO.

Lanjut...!!!

Jangan kita kira google tidak mengetahui gerak-gerik yang dilakukan oleh para pengunjung, Ngak Percaya ... !!! coba lihat gambar berikut.

Rahasia SEO Terbesar Terletak Pada User Experience

Untuk lengkapnya silahkan anda kunjungi Google Search Console atau Webmaster Tool  dengan akun anda untuk blog yang sudah di daftarkan google webmaster tool, jika belum di daftarkan silahkan daftarkan blog anda di google webmaster tool. Pada telusuri analitik google bisa memberikan data perilaku pencarian sampai dengan terjadinya klik yang menuju ke blog anda, lihat persentase klik yang pada blog anda setelah dapat di temukan melalui search engine google, dimana semakin besar persentase RKT pada blog anda hal itu menunjukan semakin bagus untuk blog anda.

Artikel Terkait : Cara mendaftarkan blog ke google webmaster tool dan cara verivikasinya

2. FASE KEDUA.

Sajikan konten yang berkualitas

Jika anda sudah bisa melewati fase pertama tadi kemungkinan besar akan mendapatkan kunjungan baru yang bersumber dari search organik.

Pada fase ke dua ini akan terjadi beberapa kemungkinan, diantaranya :

  • Blog anda di tinggalkan yang akan menyebabkan Bounce Rate semakin gendut.
  • Artikel dibaca tidak samapai tuntas kemudian pengunjung say good by.
  • Artikel di baca dengan seksama kemudian meninggalkan blog.
  • Artikel di baca dan membaca artikel lainya yang di sajikan pada blog anda.

Di fase kedua inilah Faxtor terpenting dari UX (User Experience) harus lebih diperhatikan lagi. Dalam fase ini anda di tuntut untuk bisa memberikan kepuasan lebih kepada para pengunjung.

Beberapa hal yang perlu di perhatikan agar bisa lolos pada fase ini

      1. Perhatikan kecepatan loading blog, jika loading blog anda berat kemungkinan terbesar pengunjung tidak akan melanjutkan membuka blog anda sampai penuh terbuka dan langsung meninggalkan blog anda. Untuk itu perlu sekali mendisaign blog agar fast loading.
      2. Buat artikel original, anti copy paste, gunakan bahasa yang semenarik mungkin, buat para pembaca terkesan dan ingin terus membaca seluruh artikel yang anda sajikan.
      3. Berikan solusi atau jawaban atas informasi yang dibutuhkan pengguna.
      4. Buat nafigasi blog yang baik dan tidak membingungkan para pengguna, setiap tautan yang ada di blog harus jelas dan mudah bagi pengguna untuk mengeklik tautan yang ada di blog.
      5. Buat warna tampilan blog yang nyaman dan tidak membuat mata pengunjung cepat lelah agar pengunjung betah berlama-lama membaca artikel yang anda sajikan.
      6. Interaktif dan ramah terhadap pengunjung, salah satu yang bisa diupayakan adalah membalas komentar yang di berikan oleh pengunjung, beri reward atas komentar para pengunjung dengan hadiah balasan komentar yang ramah dan sanjunglah mereka jika di mungkinkan.

3. FASE KETIGA


Kepuasan Pengunjung Blog

Salah satu ciri kepuasan para pengunjung blog adalah, blog akan di kunjungi kembali di lain waktu dan menjadi pengunjung setia terhada blog. Ini dapat kita lihat dan kita ketahui dari record Google Analytic.
Dengan mengikut sertakan Faktor UX (User Experience) secara tepat dalam penerapan SEO blog kemungkinan besar blog anda lah yang nantinya akan menjadi jawaranya.  
Sedikit tulisan dangkal tentang Rahasia SEO Terbesar Terletak Pada User Experience semoga bermanfaat, dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan PetunjukNya, sukses buat saya dan sukses buat kita semua, Amin...

Rahasia SEO Terbesar Terletak Pada User Experience
Rahasia SEO Terbesar Terletak Pada User Experience - Oleh BangMatro , Pada , Label Dasar Seo . Dan 1 comment
1 comment Add a comment
Cancel Reply
GetID

DASAR SEO

BISNIS ONLINE

BLOGGING

Copyright ©2013 JagadRochain by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->