JagadRochain

Tutorial Lengkap Cara Membuat Blog di Blogger

Tutorial Lengkap Cara Membuat Blog di Blogger

by BangMatro , at 10/11/2015 01:14:00 am
Tutorial lengkap Cara Membuat Blog Di Blogger
Tutorial Lengkap Cara Membuat Blog di Blogger-Ada yang bilang membuat blog itu semudah membalikan telapak tangan (ungkapan bagi yang sudah mahir di bidangnya), namun untuk sebagian orang khususnya pemula yang baru berkecimpung di dunia blog masih banyak yang belum memahaminya atau bahkan buta sama sekali akan pengetahuan tentang blogger.

Tidak ada salahnya JagadRochain kembali mencoba mengulasnya dengan sedikit lebih detail dari pada posting sebelumnya, mungkin catatan ini suatu saat nanti ada dari rekan kita yang membutuhkan sebagai bahan panduan.

Kenapa membuat blog dengan Platfrom Blogger, perlu diketahui bersama Blogger merupakan salah satu CMS dengan pengguna yang cukup banyak di dunia, banyak sekali keunggulanya menggunakan bogger salah satunya merupakan CMS geratis dari google so buat apa ada yang geratis dan kualitas bagus tidak kita manfaatkan, bandwith yang unlimited, dapat di coustom Domain, dan tidak kalah pentingnya masalah keamanan blog akan lebih terjamin karena google sendiri memiliki sistem keamanan yang sangat tangguh, dan masih banyak lagi keuggulan yang lainya.  

Kembali pada bahasan tentang Tutorial Lengkap Cara  Membuat Blog di Blogger. Membangun blog tentunya harus memiliki suatu tujuan, antara blogger satu dengan yang lainya pasti memiliki tujuan masing-masing. Contoh: membangun blog sekedar sebagai catatan online, untuk usaha online, forum atau komunitas dll. Sebelum anda memutuskan membuat blog alangkah baiknya direncanakan dengan matang, orang bilang 90% keberhasilan adalah perencanaan yang matang. So jika kita ingin berhasil maka jangan pernah sepelekan yang namanya rencana. Sebagai manusia memang harus mempunyai rencana dan kembalikan ke Tuhan sebagai penentunya.

TAHAP-TAHAP MEMBUAT BLOG DI BLOGGER


I. TAHAP PERSIAPAN. 

Setelah anda rencanakan tentang blog yang akan anda buat segera lakukan persiapan untuk memulai membuat blog. Apa yang harus disiapkan? Alat untuk online, Komputer/PC, Laptop/Notebook, Koneksi internet, Sofware pengolah gambar sebagai pendukung, Dll.


II.TAHAP BERIKUTNYA ADALAN MEMBUAT BLOG DI BLOGGER.



Membuat blog di blogger cukup mudah ikuti langkah langkah berikut ini.

  • Buatlah email google. 

Karena blogger adalah kepunyaan dari google si raksasa internet dunia maka email yang di pakai adalah email dari google. Bagi yang belum mempunyai email google silahkan daftarkan melalui tautan berikut gmail.com atau mail.google.com.

  • Membuat blog dengan Cms Blogger/blogspot 

Setelah selesai membuat Email Google giliran anda untuk memulai membuat blog dengan CMS Blogger/Blogspot silahkan ikuti tautan ini sebagai panduanya  panduan ya Cara membuat blog di blogger dengan mudah.

  •  Buat Artikel/Postingan Pertama.

Setelah berhasil membuat blog silahkan buat artikel/postingan pertama anda. "PENTING" Usahakan artikel pertama anda adalah artikel jangkar untuk blog anda, maksudnya bagaimana? kebanyakan dari pada blogger menggunakan artikel jangkar untuk pengembangan blog yang di kelolanya. Sebagai gambaran anda membuat blog dengan niche masalah kesehatan maka tugas anda buatlah artikel "YANG MUDAH UNTUK ANDA KEMBANGKAN" berkaitang tentang masalah kesehatan . Untuk membuat artikel /Postingan Pertama Anda.

  • Percantik Tampilan Blog 

Setelah anda membuat blog dan berhasil mempublishkan artikel yang anda buat silahkan anda bisa mulai memperhatikan tampilan blog anda.

Banyak cara untuk mempercantik tampilan blog, pada Tutorial Lengkap cara Membuat blog di Blogger akan kita bahas juga di sini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut (bisa anda lakukan ataupun tidak semuanya tergantung anda).

a. Ganti tempplate Default/Bawaan Blogger.

Jika anda kurang puas dengan tampilan blog, anda bisa mengganti template bawaanya blogger yang masih standar dengan template yang sudah di modifikasi. Jika anda belum bisa membuat template sendiri banyak kok  penyedia tempalate geratisan dan berbayar dengan platfrom Blogger. Anda juga bisa baca juga artikel yang ada di blog ini dengan mengetikan cara mengganti template default/bawaan google pada kotak search yang saya sediakan di menu bar atau kotak pencarian di bawah postingan ini.

b. Buat halaman statis/static page di blogger.

Jika anda memerlukan halaman statis page di blog anda ikuti panduan cara membuat halaman statis, halaman statis biasa digunakan untuk, misalnya : halaman About us, Sitemap, Privacy Policy, Disclaimer, Contac Us DLL.

c. Ganti Favicon Blog/Icon Logo blog sobat

Untuk mengganti Favicon blog yang telah anda buat silahkan bisa cari di kolom pencarian yang saya sediakan di akhir postingan Tutorial Lengkap Membuat Blog sebagai panduanya. Tentunya siapkan dulu Icon/Logo blog yang akan di gunakan.

d. Pasang Widget yang diperlukan di Blog.

Memasang widget diperlukan di blog memang sangat penting disamping untuk mempercantik blog juga berimbas pada page view blog meningkat. Widget yang familier dan hampir dipasang di sebagian besar blog adalah.

  • Widget Recen Posts.

Untuk memasang widget Recent post anda bisa ikuti panduan cara membuat widget recent posts di blogger.

  • Widget Kategori Blog/Label.

Untuk memasang widget kategori  blog/Label blog silahkan bisa klik tautan Cara memasang widget label cloud. PENTING UNTUK DI PERHATIKAN, Memasang terlalu banyak Widget bisa memperlambat loading blog. Bijaklah saat anda menyematkan widget pada blog anda.
e. Sekiranya anda sudah cukup puas dengan tampilan blog anda, mari kita lanjutkan kembali bahasan Tutorial lengkap membuat blog di Blogger.
Untuk mempercantik tampilan blog silahkan anda bisa searching panduan yang lain sebagai pendukung.

III. TAHAP BERIKUTNYA ADALAH OPTIMASI BLOG.



Setelah berhasil membuat blog dan mempublikasikan postingan di blogger tiba saatnya anda untuk mengoptimasi blog agar blog yang di kelola bisa bersaing dengan blog lainya. Saya kira tidak ada seorang blogger pun yang mempunyai harapan blognya tidak di baca oleh orang lain, pasti semuanya ingin blognya ramai dikunjungi oleh pembaca bak ramainya pasar malem yang di kunjungi oleh pengunjungnya
.
Beberapa tip dari JagadRochain agar blog anda bisa ikut bersaing di google, beberapa diantaranya bisa anda baca pada link di bawah ini.

Lakukan optimasi pada blog anda agar blog bisa cepat loadingnya sehingga google lebih sayang dan tentunya pembaca pun akan merasa dimanjakan dengan kecepatan loading blog yang dibarengi dengan artikel yang kaya dan bermanfaat.

Submit artikel/postingan ke Mesin Pencari, ikuti panduan  Cara Jitu arikel/Postingan Terindex Cepat Oleh Google agar blog anda cepat dikenali oleh google, submit juga di mesin pencari lainya seperti bing, yahoo, yandex, dll.


  • Perbaiki jika di dalam blog sobat terdapat  Broken Link atau Link Rusak Agar Blog Anda Sehat

Minimalkan tuh yang namanya broken link atau bahkan hindari sama sekali tuh link rusak agar blog yang di garap bsa bersaing. Untuk mengecek apakah ada broken link di blog anda baca artikel tentang cara Cek Blog Anda dari Link Rusak atau Broken Link Jika ada Link Rusak di blog anda cara untuk memperbaikinya silahkan obok-obok blog ini cari menggunakan kotak pencarian yang saya siapkan di bawah postingan ini.

  • Cek Blog Responsive Mobile Friendly Ataukah Belum 

Cek blog anda sudah responsive mobile friendly atau belum, karena alogaritma baru google yang di keluarkan pada tanggal 21 April 2015 kemarin condong pada blog/website yang ramah mobile.

  • Menempatkan Judul Blog di Belakang Judul Postingan

Lihat juga yang ini, coba cek judul blog anda berada di depan judul posting atau sudah di belakang judul posting. "SARAN" jika masih di depan judul postingan segera rubah agar blog lebih SEO Friendly.

  • Upayakan Agar Artikel Muncul Pada Halaman Pertama Google


Coba mulai belajar membuat artikel dengan baik, agar artikel yang susah payah anda buat bisa bersaing di SERP Google. Caranya bagaimana? silahkan anda bisa baca artikel di dalam blog ini dengan judul Agar artikel muncul pada halaman pertama google, silahkan gunakan kotak pencarian dengan menuliskan judul atrikel tersebut.

  • Mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tool dan Verifikasi 

Jangan lupa daftarkan juga blog yang di kelola pada GWT (Google Webmaster Tool). Agar blog cepat terindex pada mesin pencari google. Banyak manfaatnya apabila blog kita daftarkan di google Webmaster Tool. Untuk lengkapnya monggo di baca sendiri cara mendaftarkan blog di Google Webmaster Tool dan Cara Verifikasinya.
Tutorial lengkap Cara Membuat Blog Di Blogger
Saya yaqin anda pasti bisa membuat blog di blogger, selamat berkarya. sukses. 
Gunakan Search Box ini untuk mencari artikel pendukung dalam TUTORIAL LENGKAP MEMBUAT BLOG


Tulisan tentang Tutorial Lengkap Cara Membuat Blog di Blogger saya harap bisa anda pahami dan menerapkanya. Semoga bermanfaat,sukses selalu buat anda, saya, dan kita semua. Semoga Allah SWT Selalu meridhoi dan memberi bimbingan kepada kita. Amin. Selamat berkarya, Berikanlah yang terbaik selagi kita bisa.





Tutorial Lengkap Cara Membuat Blog di Blogger
Tutorial Lengkap Cara Membuat Blog di Blogger - Oleh BangMatro , Pada , Label Blogging
Comment disabled

DASAR SEO

BISNIS ONLINE

BLOGGING

Copyright ©2013 JagadRochain by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->